Para mahasiswa yang budiman.
Dalam perkembangannya ada 4 teori manajemen yaitu Manajemen Ilmiah, Manajemen Klasik, Manajemen Hubungan Manusiawi, dan Manajemen Modern. Apakah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing teori manajemen tersebut ? Selamat berdiskusi.
Dalam perkembangannya ada 4 teori manajemen yaitu Manajemen Ilmiah, Manajemen Klasik, Manajemen Hubungan Manusiawi, dan Manajemen Modern. Apakah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing teori manajemen tersebut ? Selamat berdiskusi.
perkembangan teori manajemen dapat dibagi 4 yaitu :
1.
Manajemen
ilmiah (1870 – 1930)
Kelebihan Manajemen Ilmiah :
Dapat diterapkan pada berbagai macam kegiatan
organisasi, disamping organisasi industri.
Teknik efisiensi dari manajemen ilmiah seperti studi waktu dan gerak,
menyadarkan bahwa pekerjaan dapat dibuat efifisan dan masuk akal.
Kelemahan Manajemen Ilmiah :
Manajemen ilmiah lebih berfokus pada manusia
itu rasional untuk memperoleh material, tetapi kurang memperhatikan segi-segi
sosial para pekerja.
2.
Manajemen klasik (1900 – 1940)
Kelebihan Manajemen Klasik :
Manajemen klasik mebuat pemisahan
bidang-bidang utama praktek para manajer, sehingga sampai sekarang masih dapat
diterima oleh para manajer praktisi (praktek).
Kekurangan Manajemen Klasik :
Dalam organisasi modern yang kompleks seperti
sekarang, manajemen klasik dianggap terlalu umum. Di manajemen modern, terkadang garis wewenang
agak kabur. Saat ini terkadang teknisi
bisa mendapat perintah dari manajer pabrik (atasan dari atasan teknisi
(mandor)). Ini membuat pertentangan
antara prinsip pembagian kerja dan kesatuan perintah.
3.
Manajemen hubungan manusiawi (1930 – 1940)
Kelebihan Manajemen Hubungan Manusiawi :
Perhatian pada keterampilan manajemen manusia
semakin ditingkatkan disamping keterampilan
teknis manusia, karena penekanan pada hubungan sosial.
Kelemahan Manajemen Hubungan Manusiawi :
Peningkatan kondisi kerja dan peningkatan
kepuasan kerja tidaklah menghasilkan kenaikan produktifitas sedramatis yang
diperkirakan. Peningkatan produktifitas
dipengarahui oleh banyak faktor antara lain teknologi, efisien, semangat kerja,
dan lain-lain.
4.
Manajemen modern (1940 – sekarang).
Kelebihan Manajemen Modern :
Banyak digunakan dalam kegiatan-kegiatan
sehari-hari meliputi penganggaran modal, perencanaan produk, manajemen
persediaan, penjadwalan, metode antrian, transportasi.
Kelemahan Manajemen Modern :
Konsep manajemen modern sulit dipahami karena
perhitungannya yang sulit.
Diskusi
|
Dimulai
oleh
|
Balasan
|
pos
terakhir
|
|
Para mahasiswa sekalian. Dalam suatu organisasi, salah satu elemen
sksternal organisasi adalah pelanggan (customer) yang merupakan pengguna utama
produk dan atau jasa suatu organisasi. Mengapa pelanggan menempati posisi yang
penting bagi suatu organisasi ? Silakan berdiskusi.
·
Konsumen
Adalah elemen lingkungan eksternal
elemen aksi langsung yang memiliki kendudukan sangat penting dalam
organisasi. Hal ini karena konsumen
adalah pengguna utama dari produk atas jasa yang dihasilkan suatu organisasi.
Diskusi
|
Dimulai
oleh
|
Balasan
|
pos
terakhir
|
|
This forum allows everyone to choose whether to subscribe or not
Everyone can now choose to be subscribed

Para mahasiswa yang
budiman. Topik diskusi kita adalah mengenai pengorganisasian serta
pendelegasian dan pemberdayaan. Silakan didiskusikan bersama.
- Spesialisasi kerja bertujuan untuk membagi pekerjaan berdasarkan keahlian spesifik seseorang. Spesialisasi kerja jika dilakukan dengan terlampau ekstrim akan menimbulkan kejenuhan bagi karyawan, dan dapat menurunkan produktifitas. Mengapa demikian ?
- Pendelegasian wewenang tidaklah berarti lepasnya pengendalian oleh atasannya. Mengapa demikian ?
- Salah satu manfaat pemberdayaan adalah meningkatnya kemampuan karyawan sehingga berani mengambil keputusan yang menjadi tanggung jawabnya. Mengapa hal ini penting dilakukan ?
1. Berkaitan dengan spesialisasi jumlah tugas individual dan
kelompok kerja organisasi dan penyatuannya menjadi sejumlah satuan kerja atau
departementalisasi. Menurut Robbins dan
Coulter (1999), jika spesialisasi kerja dilakukan terlampau ekstrim, maka dapat
menimbulkan kejenuhan bagi karyawannya, dikarenakan karyawan yang bekerja hanya
melakukan pekerjaan tertentu dan konsisten melakukan monotun seperti itu yang
dapat membuatnya jenuh.
2.
Karena manajer
memiliki Kemampuan membebaskan diri dari
tugas-tugas lainnya.
Dengan pendelegasian, maka manajer dapat berfokus pada
pekerjaan yang lebih penting.
3. Karena Dengan mendapat kepercayaan untuk mengambil
keputusan, maka karyawan akan memiliki rasa percaya diri, sehingga melayani
konsumen secara lebih baik sehingga menjamin kepuasan dan loyalitas konsumen.
Selamat berdiskusi. Salam.
Diskusi
|
Dimulai
oleh
|
Balasan
|
pos
terakhir
|
|
Diskusi
4
Materi diskusi kita adalah mengenai Pengawasan, serta Strategi Bersaing, Organisasi Belajar, dan Budaya Organisasi.
Diskusikanlah hal-hal sebagai berikut :
- Mengapa pengawasan adalah penting bagi suatu organisasi ?
- Mengapa pembelajaran dan perbaikan terus menerus adalah penting dilakukan oleh suatu organisasi ?
1.
Karena
untuk menjaga agar kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh karyawan sesuai dengan
rencana yang telah ditetapkan oleh organisasi atau perusahaan.
2.
Karena
untuk memperbaiki keputusan-keputusan dan memberikan umpan balik ke perusahaan.
Selamat berdiskusi.
Diskusi
|
Dimulai
oleh
|
Balasan
|
pos
terakhir
|
|
0 komentar:
Posting Komentar