Sabtu, 14 Desember 2013

Inisiasi 5 Ekonomi Manajerial


Materi Inisiasi 5 Andriyansah, 2013 Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka Sumber: BMP Ekonomi Manajerial 4312 Pricing tidak relevan untuk perusahaan dalam struktur pasar bersaing sempurna. Perusahaan dalam struktur pasar bersaing sempurna bertindak sebagai price taker. Pricing menjadi relevan bagi perusahaan dalam struktur pasar bersaing tidak sempurna. Perusahaan dalam pasar bersaing tidak sempurna menghadapi kurva permintaan yang tidak datar, tetapi miring negatif. Secara umum, tampilan kurva permintaan pasar bersaing tidak sempurna adalah: misalnya: Perusahaan yang mengoptimalkan keuntungannya akan memproduksi hingga produk yang terakhir memenuhi persyaratan ongkos marjinal sama dengan pendapatan marjinal. Apabila ongkos marjinal kurang dari pendapatan marjinal, perusahaan bisa meningkatkan keuntungan dengan menambah produk. Sebaliknya, apabila ongkos marjinal sudah melebihi pendapatan marjinal, perusahaan bisa meningkatkan keuntungan dengan mengurangi produk. Pricing yang optimal harus memenuhi syarat: di mana e : elastisitas harga produk Nilai elastisitas adalah negatif. Jadi, harga yang optimal adalah: disebut mark-up Pricing satu harga untuk sejumlah produk tertentu disebut block pricing. Gambar 6.10. Block Pricing Harga blok (block pricing) membuat konsumen membuat keputusan membeli satu blok produk atau tidak sama sekali. Asalkan konsumen menilai bahwa satu blok barang (8) memberikan surplus konsumen sebesar 48 dan harga satu blok produk tidak lebih dari 48, konsumen tersebut akan membeli paket tersebut. Block Pricing Produk tertentu mempunyai MC yang amat rendah, seperti permen. MC permen bisa dianggap kecil sekali (0). Oleh karena itu, produsen permen biasanya menjual dengan block pricing. Peak-Load Pricing Beberapa produk mempunyai permintaan yang bervariasi menurut waktu. Jasa kereta api pada pagi dan sore hari meningkat besar dibanding waktu-waktu lainnya. Pada saat permintaan dalam kondisi peak, kapasitas jasa kereta api diasumsikan tidak bisa ditingkatkan. Pada saat permintaan tinggi, perusahaan jasa kereta api bisa menaikkan harga tiketnya. Sebaliknya, pada saat permintaan rendah, perusahaan jasa kereta api bisa menurunkan harga tiketnya. Pricing ini disebut peak load pricing.

0 komentar:

Posting Komentar

 
About Dee Blogger Template by Ipietoon Blogger Template